Pengenalan Mikrotik


klo kata ilmukomputer.com "ikat lah ilmu dengan menulis" disini saya ingin menerapkan slogan di atas Mencoba belajar Mengenal mikrotik dengan menulis nya..tulisan ini di persembahkan untuk pemula seperti saya..
Mikrotik adalah operating system berbasis kernel linux khusus untuk komputer yg di fungsikan sebagai network router,Pengertian router sendiri adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet,menuju tujuannya,melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing.Mikrotik di buat oleh mikrotikls sebuah perusahaan di kota Riga,Latvia.Latvia adalah sebuah negara yg merupakan "pecahan" dari negara Uni Soviet dulu nya,dan rusia sekarang ini.Dengan nama merk dagang mikrotik mulai didirikan tahun 1995 yang pada awalnya di tunjukan untuk layanan akses internet di banyak negara dunia dan sangat populer di indonesia.

Mikrotik pada standar perangakat keras berbasikan personal komputer di kenal dengan kestabilan nya.Kualitas kontrol fleksibilitas untuk berbagai jenis paket data dan penanganan proses rute.Atau lebih di kenal dengan istilah routing.Mikrotik yang di buat sebagai router berbasiskan PC banyak bermanfaat unutk isp ingin menjalankan beberapa aplikasi mulai dari hal yang paling ringan hingga tingkat lanjut.Contoh aplikasi yang dapat di terapkan dengan adanya mikrotik selain routing adalah aplikasi kapasitas akses (bandwidth) manajement,firewall,wireless access point (WiFi),backhaul link,sistem hotspot,Virtual Private Network (VPN) server dan masih banyak lainnya.Mikrotik Bukanlah perangkat lunak yang free jika ingin memanfaatkannya secara penuh,Dibutuhkan lisensi dari mikrotikls untuk dapat menggunakan nya alisa berbayar.mikrotik dikenal dengan istilah level pada lisensinya.
tersedia mulai dari level 0 kemudian 1,2 3 hingga 6,untuk level 1 adalah versi demo mikrotik dapat di gunakan secara gratis dengan fungsi-fungsi yang sangat terbatas.
Tentu nya setiap level mempunyai kempampuan yang berbeda-beda sesuai dengan harganya.level 6 adalah lever tertinggi dan fitur paling lengkap.secara singkat dapat di gambarkan di jelaskan sebagai berikut :






* Level 0 (gratis); tidak membutuhkan lisensi untuk menggunakannya dan penggunaan fitur hanya dibatasi selama 24 jam setelah instalasi dilakukan.
* Level 1 (demo); pada level ini kamu dapat menggunakannya sbg fungsi routing standar saja dengan 1 pengaturan serta tidak memiliki limitasi waktu untuk menggunakannya.
* Level 3; sudah mencakup level 1 ditambah dengan kemampuan untuk menajemen segala perangkat keras yang berbasiskan Kartu Jaringan atau Ethernet dan pengelolan perangkat wireless tipe klien.
* Level 4; sudah mencakup level 1 dan 3 ditambah dengan kemampuan untuk mengelola perangkat wireless tipe akses poin.
* Level 5; mencakup level 1, 3 dan 4 ditambah dengan kemampuan mengelola jumlah pengguna hotspot yang lebih banyak.
* Level 6; mencakup semua level dan tidak memiliki limitasi apapun.

Jika kamu ingin sekedar untuk mencoba-coba silakan gunakan Level 1 sebagai awal. Sedangkan untuk kamu yang ingin menggunakan seluruh fitur dari Mikrotik maka mau tidak mau kamu harus membeli lisensinya.

Tidak ada komentar: